Terlaris

RCCB atau ELCB

RCCB atau ELCB

Sekarang kita akan membahas mengenai RCCB atau ELCB pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) adalah alat yang berfungsi sebagai pemutus/pengaman listrik yang dapat berfungsi sebagai alat keselamatan yang dapat digunakan pada instalasi sistem tenaga listrik dengan impedansi pentanahan yang sangat tinggi yang bertujuan untuk mencegah kejadian tersengat listrik.

Alat ini akan mendeteksi jika terjadi tegangan sisa enclosure alat yang dibuat dari logam dan seketika memutus rangkaian listrik ketika tegangan yang berbahaya terdeteksi. Garis besarnya adalah ada dua jenis ELCB, ELCB yang bekerja berdasarkan tegangan dan ELCB yang bekerja berdasarkan arus atau biasa dikenal sebagai RCCB (Residual Current Circuit Breaker)

Perangkat ELCB yang berbasis arus atau biasa yang kita kenal dengan nama RCCB atau sering dikenal dengan nama Residual Current Device (RCD) adalah perangkat listrik yang juga berfungsi untuk melindungi dari arus bocor.

Kedua rangkaian konduktor (konduktor suplai dan konduktor kembali) dilewatkan pada kumparan pendeteksi. Jika ada ketidakseimbangan pada arus maka akan menyebabkan ketidakseimbangan pada medan magnet, sehingga medan magnet tidak benar benar menghilangkan satu sama lain.

Jika anda ingin bertanya mengenai ELCB atau RCCB anda bisa menghubungi sales Wijaya Elektrik di nomor telepon 021-6631491 Ext 102 atau di WA 083873660978

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code