Terlaris

Pengertian Kabel Coaxial dan berbagai macam jenisnya

Mengulas tentang kabel, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kabel coaxial. Kabel coaxial pada dasarnya memang sangatlah luas. Karena kabel tersebut biasa digunakan dalam beberapa bidang yang memang membutuhkan kabel sebagai media transmisi data contoh seperti jaringan pada computer atau wifii dan lain sebagainya.

Nah, pembahasan kali ini, saya akan mengangkat sebuah topik yang menjelaskan tentang kabel coaxial atau kabel koaksial mulai dari jenis hingga kelebihan, kekurangan dan karakter kabel coaxial yang yang biasa digunakan dalam jaringan komputer.

Pengertian Kabel coaxial
Sekarang kita akan membahas mengenai kabel coaxial. Pada dasarnya kabel ini menggunakan dua buah konduktor dengan pusat kabel yang merupakan inti kawat padat dan dilingkupi sekat lalu dililit lagi dengan menggunakan kawat yang berselaput konduktor

Jenis kabel ini biasanya digunakan untuk sebuah jaringan bandwith yang tinggi. Kabel coaxial ini bisa mengalir pada tembaga. Kabel ini juga umumnya lebih banyak digunakan untuk mentransmisikan data sinyal frekwensi dengan ketinggian mulai dari 300Khz keatas.

Karena kabel ini mempunyai kemampuan yang besar untuk menyalurkan frekwensi yang tinggi, oleh sebab itulah system transmisi ini menggunakan kabel coaxial yang pada dasarnya memiliki kapasitas kanal yang cukup besar.Untuk itu yuk kita lihat fungsi dan penggunaan kabel coaxial dibawah ini

Fungsi atau Penggunaan Kabel Coaxial
Kabel coaxial biasanya digunakan dalam jaringan LAn terutama topologi bus yang banyak menggunakan kabel coaxial. Kesulitan untuk penggunaan kabel coaxial ini adalah sulitnya mengukur apakah kabel ini benar benar matching atau sebaliknya. Karena jika tidak diukur dengan baik, maka kemungkinan besar akan merusak network interface card ( NIC )

Untuk penggunaan kabel ini, biasa kita temui pada antenna televise, antenna pemancar radio, dan juga kabel jaringan LAN. Dan dalam instalasi jaringan LAN, kabel ini mampu menjadi pelengkap dan berperan penting dalam instalasi jaringan LAN.

Dalam penggunaan sehari-hari, kabel coaxial banyak dijumpai pada antena televisi, antena pemancar radio, dan juga kabel jaringan LAN. Penggunaan kabel koaksial dalam jaringan internet mampu melengkapi pada sebuah instalasi kabel UTP, yang berperan penting dalam sebuah jaringan LAN. Pentingnya kabel ini karena mampu memberikan perlindungan pada sebuah derau yang tinggi , murah dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standard.

Untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas. Karena kebel ini memiliki kemampuan dalam menyalurkan frekuensi tinggi. Maka dengan demikian system transmisinya menggunakan kabel koaksial yang memiliki kapasitas kanal yang besar.

Kegunaan kabel coaxial adalah untuk melakukan sebuah transmisi data dengan kecepatan tinggi, selain itu juga biasa digunakan untuk membagi sinyal broadband atau sinyal frekuensi. Kabel coaxial dapat kita temukan pada barang-barang elektronik misal seperti antena TV, parabola dan masih banyak lagi.

Jenis Kabel Coaxial
Ada dua jenis tipe kabel koaksial yaitu:
1. Kabel coaxial thin (RG-58, RG59)
Kabel coaxial thin (RG-58 dan RG59) atau yang bisa disebut dengan 10Base2 (thinnet). Yang dimana angka 2 menunjuk panjang maksimum untuk segment kabel tersebut adalah 200 meter, namun kenyataannya hanya samapai 185 meter.
2. Kabel coaxial thick (RG-8, RG6 )
Kabel coaxial thick (RG-8 dan RG6 ) disebut juga dengan10Base5 (thicket), dengan spaseifikasi teknis

Spesifikasi Teknis dari kabel ini adalah :
1. Mampu menjangkau bentangan maksimum 500 meter.
2. Impedansi terminator 50 Ohm dan 75 ohm
3. Membutuhkan Transceiver sebelum dihubungkan dengan computer.

Di Wijaya Elektrik ini kita memiliki kabel RG59 dan RG6 merk Spectra dan Vizpro. Anda bisa melihat link nya di sini https://wijayaelektrik.com/63-kabel-coaxial dan untuk kabel RG8 dan RG58 kita memiliki kabel dengan merk Belden. Untuk bertanya mengenai kabel ini bisa menghubungi tim marketing kami di 021-6631491 ext 102 atau WA 083873660978

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code