Terlaris

Fungsi masing masing warna dari kabel UTP

Kabel UTP adalah kabel jaringan internet yang dipakai saat ini. Kabel UTP Singkatan dari Unshielded Twisted Pair. Kabel UTP terbuat dari bahan penghantar tembaga, Isolasi dari plastic dan terbungkus oleh bahan isolasi yang bertujuan untuk melindungi dari api serta kerusakan fisik. Kabel UTP ini biasanya kabel yang diperuntukan untuk indoor ( Kabel di dalam ruangan )

Kabel ini terdiri dari 4 pasang ( 4 pair ) dimana kabel kabel didalam kabel UTP itu saling terbelit yang masing masing pasangnya mempunyai kode warna yang berbeda. Dikatakan kabel indoor dikarenakan kabel ini tidak mempunyai pelindung dari interferensi elektromagnetik ( Shielded ) sehingga kabel ini banyak dipakai karena harga dari kabel ini relative sangat murah dan fungsinya pun sudah lumayan mumpuni dan sesuai dengan standard

Kabel UTP ini berfungsi sebagai kabel jaringan LAN ( Local Area Network ) pada computer. Serta umumnya kabel UTP memiliki impedansi 100 ohm dan terbagi menjadi berbagai kategori seperti CAT5 dan CAT6 berdasarkan / sesuai dengan kemampuannya sebagai penghantar data.

Setiap warna didalam kabel ini memiliki kegunaan yang berbeda beda. Meskipun sudah banyak orang yang tau kegunaan dari kabel UTP ini. Tapi masih banyak yang tidak tau mengenai fungsi warna warna yang terdapat didalam kabel UTP ini.

Ada 8 inti kabel yang terdapat di kabel UTP ini, dimana masing masing inti kabelnya memiliki warna yang berbeda beda. Bagian ujung kabel itu tersambung konektor RJ45 yang selanjutnya akan dihubungkan ke LAN CARD di computer. Berikut ini adalah fungsi atau kegunaan dari setiap masing masing warna kabel UTP:
• Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data.
• Putih Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data.
• Hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data.
• Putih Hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data.
• Biru berfungsi sebagai media penghantar paket suara.
• Putih Biru berfungsi sebagai media penghantar paket suara.
• Cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
• Putih Cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.

Itulah fungsi warna warna kabel yang terdapat didalam kabel UTP. Dan untuk kabel UTP ini, Wijaya Elektrik memiliki merk kabel UTP seperti merk Spectra dan Belden. Jika ingin bertanya bisa menghubungi kami di 021-6631491 ext 102 atau WA 083873660978.

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code