Terlaris

Cara aman Menyekun Kabel Listrik

Jika kita sering menggunakan kabel listrik, pasti tidak terlepas dengan proses sambung kabel yang sering kita lakukan. Menyambung menyambung kabel untuk tarikan kabel ke MCB, ke terminal atau ke yang lainnya.  Untuk menyambung kabel kabel ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Yuk kita lihat satu persatu

Cara menyambung kabel ada beberapa cara, tapi disini saya menyebutkan ada 3 cara yang paling gampang untuk menyambung kabel. Yaitu:

  1.        Menyambung dengan menggunakan simpul . menyambung simpul diperlukan ketika kita menyambungkan kabel satu dengan kabel yang lain. Yaitu dengan cara melilitkan kabel pertama pada kabel kedua. Lalu setelah dililtkan secara rapat kita bisa menggunakan isolasi untuk membungkus lilitan tersebut.
  2.        Menyambung dengan menggunakan solder / timah. Untuk menyambungkan kabel satu dengan kabel yang lain kita juga dapat menggunakan metode menyolder dengan menggunakan timah. Ketika kabel juga ingin disambungkan ke terminal atau ke PCB, kita juga bisa menggunakan solder / timah
  3.        Yang berikutnya adalah dengan menggunakan skun. Cara ini adalah cara yang paling baik, dan yang paling rapih kalau menurut saya. Kabel pertama tinggal dipasangkan skun, lalu kabel kedua juga dipasangkan skun. Dan skun kabel pertama dan kabel kedua disambungkan dengan menggunakan baut.
  4.        Menyambung dengan menggunakan simpul. Menyambung menggunakan simpul yang paling mudah adalah dengan menggunakan simpul sambungaan pig tail. Yaitu dengan cara melilitnya dan tidak membutuhkan alat kusus. Hanya dengan menggunakan tangan. Namun dengan cara ini mempunyai kelemahan. Yaitu kabel listrik akan mudah putus jika kabel tertarik.
  5.        Menyambung dengan solder / timah. Jika kita lihat menyambung kabel listrik dengan menggunakan timah, maka sambungan akan bersifat permanen dan sangat kuat. Namun kelemahannya disini adalah harus ada orang yang pandai untuk solder dengan menggunakan timah sehingga solderan akan terlihat kuat dan permanen.
  6.        Menyambung dengan menggunakan skun. Metode yang ketiga ini adalah hal yang sangat bagus untuk digunakan. Jika anda ingin memiliki sambungan semi permanen ( dapat dilepas dan mempunyai sambungan yang kuat ) metode ini adalah metode yang bisa digunakan.

Dari metode metode diatas kita bisa menyimpulkan bahwa terdapat kekurangan dan kelebihan. Yuk kita bahas satu persatu.

Untuk itu kita akan membahas mengenai metode skun dan cara aman menyekun kabel. Skun itu adalah konektor kabel listrik yang dapat dipasang pada kabel secara bebas. Bahan skun ini sangat bervariasi mulai dari tembaga, kuningan, alumunium bahkan ada yang menggunakan timah. Namun bahan terbaik dari skun itu adalah tembaga. Karena tembaga merupakan benda yang memiliki usia yang sangat panjang dan tidak mudah untuk berkarat.  Selain bentuk dan ukuran nya pun bermacam macam mulai dari bentuk snap on sampai dengan menggunakan baut. Untuk memilih bentuk skun ini tentunya dengan kebutuhan kabel yang kalian gunakan.

Cara memasang skun yang benar. Ada beberapa cara memasang skun ini ke kabel yaitu pertama dengan menggunakan tang long nose. Cara ini adalah hal yang paling mudah karena toolnya sangat mudah ditemui dan tang ini tidak terlalu mahal harganya. Anda tinggal mengupas kabel. Lalu memasukan tembaga kabel kedalam skun tersebut, kemudian anda menguncinya dengan cara menjepit dengan menggunakan tang long nose ini.  Namun perlu diperhatikan adalah seringkali pengunci kabel pada skun tidak tercrimp atau terpasang dengan baik, sehingga kabel ini mudah lepas dari skunnya. Jadi pastikan anda menguncinya cukup baik sehingga menghasilkan sambungan kabel dan skun yang sangat baik

Kedua dengan menggunakan tang crimping atau crimping tool. Tang crimping ini sangat mudah ditemui juga. Dan di PT Wijaya Elektrik juga memiliki tang crimping / crimping tool https://wijayaelektrik.com/search?controller=search&orderby=position&orderway=desc&search_query=crimping&submit_search=

 Lalu yang ketiga dengan menggunakan solder dan timah. Jika kalian menginginkan sambungan yang kuat pada skun, maka solder dan timah dapat memberikan hasil tersebut, namun dengan menggunakan solder akan cukup sulit dengan model model skun tertentu. Selain itu dengan penggunaaan timah yang sangat banyak, akan membuat skun tidak terpasang dengan baik pada terminal atau skun lain akan terhalang oleh timah. Pastikan anda menggunakan timah secukupnya.

 Itulah artikel yang membahas mengenai cara menyekun kabel listrik secara benar. Jika ingin bertanya mengenai kabel listrik dengan merk SUPREME, KABELINDO, KABEL METAL INDONESIA, JEMBO CABLE, SUTRADO, DELTA CABLE, FIRST CABLE, BELDEN anda bisa menghubungi tim marketing PT Wijaya Elektrik di 021-6631491 ext 102 atau WA 083873660978

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code