Terlaris

Cara Memilih kabel LAN

Kabel Lan atau kabel jaringan pasti menjadi hal yang sangat penting disaat saat ini. Apalagi pada saat ini masih pandemic, dan bekerja dirumah, membuat server, Studio, ruang kamar pribadi, maupun aktifitas online dirumah sekarang sekarang ini menjadi pilihan utama.

Namun seiring berkembangnya teknologi khususnya dibidang computer menjadikan nya sangat sulit memilih dan menentukan kabel lan yang sebaiknya digunakan. Mungkin jika anda ahli IT bahkan seorang network engineering, untuk memilih kabel LAN seperti itu tidaklah sulit, akan tetapi jika anda adalah seorang yang awam mengenai kabel ini, pasti akan susah untuk menentukan kabel LAN mana yang akan dipilih. Ada berbagai macam merk kabel lan, seperti Kabel LAN merk Supreme, LS, Comscope, Spectra, bahkan sampai belden.  Namun jenis kabel nya ini membuat kita yang awam ini serasa sulit menentukan pilihan. Sebelum menentukan pilihan, kita akan mengetahui jenis kabel Lan tersebut

 

Jenis Jenis Kabel LAN

CAT5

Kabel Ethernet CAT5 singkatan dari Category 5. Kabel ini kabel yang paling banyak digunakan individu maupun komersil. Kabel ini dapat menampung kecepatan hingga 100 mbps saat melakukan transfer yang dapat melalui LAN CARD maupun menggunakan Switch atau hub. Namun dengan perkembangan jaman, kabel CAT5 ini sudah berevolusi menjadi kabel CAT5E.

 

CAT5E

Ethernet kabel CAT5E ini adalah adik dari CAT5. Sebenernya kabel ini memiliki type yang sama dengan CAT5 biasa, akan tetapi kecepatan yang dapat ditampung kabel ini bisa sampai 1 gbps sehingga kecepatan transfer data menjadi lebih sangat cepat. Dan dibekali tekstur kabel yang lebih tebal daripada CAT5 biasa, CAT5E ini sudah bisa digunakan di outdoor. Dan kabel CAT5E ini juga sudah ada kawat penahan anti petir. Untuk merk produk yang menggunakan CAT5E ini adalah SUPREME cable, LS, Comscope, Belden, Spectra.

 

C AT6

Ethernet Kabel CAT6 ini  memiliki perbedaan tersendiri didalam konektor RJ45. Kabel CAT6 ini memiliki kecepatan yang lebih kencang dibanding CAT5E. Kecepatan yang dapat ditampung kabel CAT6 ini diatas 1gbps. Sehingga kabel ini cocok untuk router internet dengan kecepatan tinggi. Merk yang memiliki kabel CAT6 ini juga beraneka ragam. Mulai dari SUPREME cable, LS, Comscope, Belden, Spectra.

 

Setelah anda mengetahui jenis jenis kabel LAN, sekarang kita ingin mengetahui Cara memilih kabel LAN yang sangat tepat untuk kondisi lapangan. Misal jika kabel LAN tersebut ditempatkan diperumahan atau perkantoran, maka kabel yang digunakan cukup CAT5 atau CAT5E. Untuk keperluan Server sebenarnya bisa menggunakan kabel CAT5E dan CAT6. Jika anda ingin mengirim data lebih cepat, maka anda dapat menggunakan CAT6. Untuk radio Link, ada baiknya anda menggunakan kabel yang tahan cuaca ekstrim seperti CAT5 STP atau CAT6 STP ( Shielded twisted Pair ) kabel cAT6 atau cat 5 yang didalamnya dilapisi lagi foil alumunium untuk melindungi kabel dari cuaca ekstrim. Jika penggunakan kabel LAN untuk Router internet dengan kecepatan tinggi maka untuk pemilihan kabel yang baik adalah dengan menggunakan kabel CAT6 Sehingga kecepatan yang dihasilkan bisa lebih maksimal

 

Untuk kabel kabel seperti diatas, Wijaya Elektrik memilikinya. Untuk kabel LAN merk Supreme, LS, Comscope lebih baik beralih ke Belden dan spectra jika ingin mendapat hasil yang lebih maksimal. Berikut ini adalah link dari kabel LAN jika anda ingin melihat lihat terlebih dahulu

Kabel Spectra https://wijayaelektrik.com/65-kabel-data

Kabel Belden https://wijayaelektrik.com/71-kabel-belden

 

Jika anda ingin bertanya mengenai kabel ini, bisa menghubungi tim marketing kami di 021-6631491 ext 102 atau WA 083873660978. Kami tidak akan segan menjawab pertanyaan pertanyaan dari anda.

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code