Terlaris

Kabel tegangan rendah tegangan menengah dan tegangan tinggi

Hallo.. kali ini kita akan mengenal arti kabel tegangan rendah, kabel tegangan menengah dan kabel tegangan tinggi. Banyak yang tidak tau kan tegangan rendah, menengah dan tinggi itu dikisaran berapa volt? Dan jenis jenis kabel yang dipakai untuk tegangan tersebut adalah jenis kabel apa? Yuk kita bahas

Banyak orang masih belum paham kabel tegangan rendah atu biasa kita sebut dengan kabel LV ( Low Voltage ), kabel tengangan menengah atau biasa kisa sebut dengan kabel MV ( Medium voltage ), dan kabel tengan tinggi atau biasa kita sebut dengan kabel HV ( High Voltage ).

Sebenarnya dari ketiga tegangan diatas tersebut, masih ada dua tingkatan lagi jenis kabel yaitu kabel tegangan ekstra tinggi atau yang kita sebut dengan kabel HEV ( High Extra Voltage ) dan kabel tegangan ultra tinggi atau yang kita sebut dengan HUV ( High Ultra Voltage ). Tapi kita tidak akan membahas mengenai 2 kabel tersebut.

Kabel LV ( Kabel Low Voltage ) itu memiliki tegangan yang rendah. Tegangan berkisar sampai 50V. Tegangan rendah ( Low Voltage ) ini memiliki tegangan berkisar antara 50V – 1000V. Jenis kabel yang digunakan harus mampu digunakan pada tengangan berkisar antara 50V – 1000V ( 1kV ). Kalau kita lihat kabel yang biasa kita gunakan seperti NYM, NYY atau NYFGBY kita akan melihat di kulit kabelnya itu ada tulisan 0.6(1kV). Tulisan itulah sebagai dasar bahwa kabel itu adalah kabel LV yang dapat digunakan untuk tegangan berkisar antara 50V – 1000V (1kV ) kabel ini banyak yang bilang tufur. Kabel tufur ini adalah bahasa betawi yang sering digunakan dengan arti kabel yang menyambungkan panel ke MCB.

Kemudian yang berikut nya adalah kabel medium Voltage ( MV ). Bagi kita yang awam dunia perkabelan, untuk kabel MV ini jarang sekali kita mengetahuinya. Karena memang kabel ini merupakan kabel yang jarang dipakai orang pada umumnya. Kabel ini biasa digunakan orang PLN dan biasanya kabel ini berwarna merah. Jenis kabel MV ini biasanya adalah N2XSY, NA2SXY, N2XSEYBY. Untuk standar kabel tesebut memang dibagi 6 voltase. ( 3.6kV, 7.2kV, 12kV, 17.5kV, 24kV, dan 36kV )

Kemudian yang terakhir adalah kabel High Voltage ( HV ). Untuk kabel kabel jenis ini adalah kabel yang sering digunakan untuk pembuatan gardu di PLN, gardu induk yang memang memiliki voltase yang sangat besar. Biasanya warna kabel high voltage ini adalah warna Hitam dan dilapisi dengan XLPE supaya kuat untuk memeluk kabel bertegangan tinggi. Untuk jenis kabel kabel High voltage ini adalah N2XC(AL)2Y dan N2XCK2Y dan NA2XCK2Y. untuk standar voltase kabel tersebut hanya 1 voltase yaitu di 87/150(170kV). Dan biasanya kabel ini pasti harus pesan ke pabrik untuk diproduksi terlebih dahulu.

Begitulah pembagian kabel berdasarkan voltasenya. Semoga kita dapat lebih memahami mengenai kabel ini. Untuk bertanya tentang kabel kabel diatas bisa menghubungi tim marketing kita di 021-6631491 ext 102 atau WA 083873660978

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code