Terlaris

Cara Terminasi Kabel Fiber Optic

Halo, sekarang kita akan membahas mengenai terminasi kabel Fiber Optic. Apa ya yang dimaksud dengan terminasi? Pengertian terminasi adalah teknik untuk memasang konektor di kabel Fiber Optic. Sebenarnya istilah terminasi sih tidak berbeda dengan namanya crimping. Kalo crimping ini adalah istilah yang dipakai di dalam memasang konektor di kabel data, maka untuk terminasi ini adalah untuk kabel fiber optic. Sebelum saya menjelaskan mengenai proses terminasi pada kabel Fiber Optic ini, saya akan membahas mengenai alat alat apa saja yang dipakai dalam terminasi. Alat – alat terminasi itu adalah:

  • Kabel Fiber optic
  • Konektor Fiber optic ( Konektor SC )
  • Tang Crimping
  • Lem Konektor
  • Pengering Lem
  • Koin pengamplas
  • Suntikan
  • Lakban
  • Amplas
  • Ballpoint
  • Mikroskop
  • Alkohol
  • Yang terakhir adalah tisu


Cukup banyak bukan. Karena terminasi kabel FO itu lebih membutuhkan waktu dibanding dengan crimping kabel Ethernet. Jika anda membeli sebuah termnation kit di toko online, pasti alat alat no 3 dan no. 13 itu sudah termasuk didalamnya.
Jika alat alat sudah siap, yuk kita lakukan terminasi ini di tempat yang terang untuk memudahkan kita memasang terminasi tersebut. Berikut langkah langkahnya:

  • Masukan selongsong konektor SC, dimasukan ke dalam kabel. Hal ini untuk kita antisipasi kalau kita lupa teriminasi dimana orang suka lupa ketika memasang terminasi FO, ternyata selongsong lupa dimasukan
  • Kupas kulit luar kabel FO panjang nya kurang lebih 2 sampai dengan 3 cm, jangan lupa potong juga serabut pelindung kabel dan sisakan kurang lebih 4 sampai dengan 5mm. ( Jika anda memotong kabel Indoor FO, hanya ada 2 kulit yang dikupas sebelum kita menemukan Inti dari core FO )
  • Kupas kulit dalam kabel kurang lebih 2cm Ketika mengupas kabel bagian dalam, tangan kita yang memegang tang harus tetap lurus searah kabel FO tersebut. jangan membelokkan ke atas atau ke bawah supaya kaca/core didalam kabel FO tersebut tidak patah. sangat direkomendasikan untuk tidak mengupasnya sepanjang 2 cm secara langsung, tapi dilakukan secara bertahap dan perlahan. Setidaknya dilakukan kurang lebih 3 kali pengelupasan (kira-kira setiap 7 mm) untuk mengelupas kulit dalam sepanjang 2 cm. Hal ini dilakukan supaya tidak terlampau berat ketika melakukan pengelupasan. Karena kalau kulit kabel yang akan kita kelupas berat, otomatis kita akan mengeluarkan tenaga secara maksimal yang dikhawatirkan kita tidak bisa mengendalikan tangan kita tetap lurus searah kabel.
  • Masukkan lem ke dalam lubang tengah konektor kabel. Untuk memudahkan, terlebih dahulu masukkan lem ke dalam suntikan. Setelah itu, dari lubang jarum suntik baru kita masukkan lem hingga terlihat warna kehijauan di ujung luar konektor (keramik).
  • Bersihkan pusat Utama inti core cable dengan menggunakan alcohol, dan menggunakan tissue. Bisa menggunakan tissue basah
  • Keringkan core dengan pengering, Hal ini dilakukan agar lem yang ada di bagian dalam konektor segera kering jika bertemu dengan core yang sudah disemprot pengering. Ada dua jenis pengering yang bisa digunakan, yang berbentuk semprotan (seperti terlihat di gambar) atau yang berbentuk kuas.
  • Masukkan pusat kabel ke lubang konektor. Waktu pas memasukkan kabel, tangan harus terus bergerak sampai ujung core bergerak. Karena jika tangan kita diam sedikit saja (kurang lebih 3 detik) kemungkinan core sudah menempel dengan konektor. Karena lubang konektor yang kecil dan dikhawatirkan sulit untuk langsung memasukkan core ke dalam lubang konektor, mungkin bisa menggunkan teknik lain dengan cara memasukkan core terlebih dahulu ke dalam lubang konektor. Setelah core berhasil masuk ke dalam lubang konektor, oleskan pengering pada sisa core yang keluar dari lubang konektor. Setelah itu tarik kembali core ke dalam konektor agar pengering bisa bertemu dengan dengan lem. lalu segera dorong lagi core keluar konektor.
  • Potong sisa inti kabel FO yang keluar dengan bolpen pemotong. Pada prakteknya istilah memotong core ini lebih dekat dengan mengiris core. Karena kita tidak langsung memotong kabel dengan pemotong, melainkan mengiris sisa core secara melingkar mengikuti silinder core. Yang perlu diperhatikan adalah, iris sisa core secara perlahan agar tidak langsung putus.
  • Jika selesai dipotong dengan pemotong, lalu kita mengambil sisa core tadi dengan tangan. Ya dengan tangan. Jika core sudah terpotong kita mengirisnya dengan menggunakan pemotong, kemungkinan core akan patah di dalam konektor. Tapi jika sisa core kita cabut, maka core akan patah di luar konektor. (Sisa potongan core HARUS dibuang dengan baik, jangan sampai sisa potongan core yang terbuat dari kaca itu melukai atau masuk ke tubuh anda/orang lain.
  • Setelah selesai, masih tersisa sedikit core di permukaan keramik. Langkah selanjutnya, kita akan merapikan sisa potongan core dengan menggunakan amplas khusus kabel FO. Ada dua tahapan mengamplas untuk menghasilkan terminasi yang bagus. Tahap pertama adalah mengamplas lembut sisa core dengan cara menggerakkan amplas pada keramik konektor dengan tekanan yang lembut. Hal ini dilakukan kurang lebih selama 10 detik.
  • Jika selesa diamplas,lalu diamplas sempurna hingga tiada lagi core di permukaan keramik. Caranya, taruh sebuah alas yang lembut (seperti mousepad) diatas bidang rata, kemudian letakkan amplas FO diatasnya. Masukkan konektor ke dalam koin pengamplas, lalu pegang konektor kabel dan gerakkan sehingga membentuk angka 8, agar seluruh permukaan keramik teramplas sempurna. Lakukan hal ini kira-kira 20 detik. Setelah selesai, coba perhatikan permukaan keramik konektor. Hasil mengamplas yang bagus akan menghasilkan permukaan keramik yang rata dan halus.
  • Lakukanlah uji hasil terminasi dengan menggunakan mikroskop khusus. Jika di dalam mikroskop tampak sebuah lingkaran bulat sempurna bisa dipastikan terminasi berjalan dengan baik. Jika yang tampak adalah lingkaran tidak sempurna (hanya separo, atau ada yang cuil, atau ada lubang putih di dalam lingkaran hitam), kemungkinan besar anda harus melakukan terminasi ulang.
  • Lalu setelah semuanya itu selesai, tutup ujung konektor dengan rumah konektor


Jika sudah diterminasi semua, jika kabel fiber optic tidak segera langsung digunakan, tutup kepala konektor dengan plastic penutup permukaan keramik konektor

Setelah itu selesai. Dan kita juga memiliki kabel Fiber optic drop core yang baik untuk anda pergunakan. Bisa anda cari link nya disini ya. https://wijayaelektrik.com/70-kabel-fiber jika anda membutuhkan info bisa menghubungi kami di 021-6631491 ext 102 atau di WA 083873660978

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code