Terlaris

Perbedaan kabel PVC dan LSZH

Perbedaan kabel PVC dan LSZH

Kali ini saya akan membahas mengenai kabel Kabel yang terbuat dari bahan PVC dan dari bahan LSZH. Tapi sebelum kita mengetahui perbedaan kabel tersebut, mari kita cari tau apa itu PVC dan LSZH. Kabel PVC itu artinya Polivinyl Chloride Sedangkan kabel LSZH itu artinya Low Smoke Zero Halogen.

Kalau kita melihat efek atau dampaknya kabel PVC ini dinilai lebih berbahaya ketimbang Low Smoke Zero Halogen (LSZH). Kenapa bisa berefek lebih berbahaya? Karena saat kabel yang terbuat dari bahan PVC terbakar akan menghasilkan gas beracun.

Untuk kabel LSZH ini mungkin beberapa dari anda jarang sekali mendengarnya. Namun kabel merk Draka, dan Prysmian sudah mengeluarkan kabel bertipe LSZH ini. Kabel bertipe LSZH ini penting digunakan apalagi di Indonesia, dimana kejadian kebakaran sering terjadi setiap saat. Bahkan kematian akibat kebakaran ini terkadang tidak bisa dihindarkan dikarenakan korban menghirup gas yang ditimbulkan akibat kabel bertipe PVC kebakar.

Kalau kita bandingkan dengan kabel PVC (Polyvinyl Chloride), kabel LSZH ( Low Smoke Zero Halogen ) jika dibakar asap yang dikeluarkan lebih sedikit saat terbakar. Ini memungkinkan seseorang dapat keluar dari gedung lebih cepat dan lebih sedikit pula kerusakan terjadi pada peralatan elektronik yang ada di dekat api.

Karena pada prinsipnya, kabel LSZH ini jika dibakar tidak akan mengeluarkan asam hitam pekat seperti ketika kabel berbahan PVC dibakar. Karena seperti kabel yang berbahan PVC ini mengeluarkan asap tajam dan sangat menyekat disertai pula dengan racun dioxin. Jika menggunakan kabel LSZH ( Low Smoke Zero halogen ) dan jika terjadi kebakaran, asap yang ditimbulkan akan lebih sedikit, dan tidak ada unsur gas Halogen ketika kabel berbahan LSZH ini terbakar.

Perlu anda coba penggunakan kabel berbahan LSZH ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di tempat kerja, serta ramah dengan lingkungan

Namun untuk harga, memang tidak bisa dipungkiri kabel berbahan LSZH lebih mahal dibandingkan kabel berbahan PVC. Harga bisa mencapai 50% lebih mahal ketimbang kabel yang berbahan PVC. Namun harga tersebut berdampak sangat signifikan bagi keselamatan manusia dan lingkungan.

Bagi anda yang ingin bertanya mengenai kabel LSZH ini, bisa menghubungi kami dinomor telepon 021-6631491 ext 102 untuk lebih detailnya.

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code