Terlaris

Jenis-Jenis Kabel CCTV

Jenis-Jenis Kabel CCTV
Jenis- jenis kabel  CCTV
Jenis- jenis kabel  CCTV yang harus anda ketahui, kabel CCTV dibagi menjadi 3 jenis dengan memiliki kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis kabel CCTV. Tentu saja kabel CCTV yang mempunyai kualitas bagus itu sangat mempengaruhi pada kualitas video dan audio yang akan di rekam.Oleh karena itu, kami akan jelaskan sedikit tentang jenis-jenis kabel CCTV. Berikut ini adalah jenis-jenis kabel CCTV :
1.       Kabel CCTV 3 Jalur
Kabel  CCTV  3 jalur sesuai dengan namanya yaitu jalur video, audio, dan adptor. Kenapa kabel ini di sebut 3 jalur karena kabel ini mempunyai  jalur yang berbeda-beda dengan perbedaan warna yaitu kuning, merah dan putih. Jenis kabel CCTV ini biasanya sudah terpasang dengan konektornya dan kabel ini juga biasanya dijual dalam bentuk meteran dengan ukuran ada yang 10meter, 15meter, 20meter dan 30meter dan kabel ini ukurannya lebih kecil dari kabel Coaxial. Jika anda membutuhkan kabel ini dengan ukuran lebih dari 30 meter lebih baik tidak menggunakan jenis kabel 3 jalur. Karena kabel ini mempunyai ukuran yang kecil dan akan mengurangi kualitas dari video dan audio. Tetapi kabel ini termasuk lebih terjangkau dibandingkan kabel CCTV yang lainnya. Salain itu Kabel cctv 3 jalur ini sangat praktis, karena kabel ini terdiri dari jalur video, audio dan adaptor dan konektor sudah dapat  terpasang lansgsung. Jalur video yang sudah berkonektor RCA, jika camera maupun perlengkapan menggunakan konektor BNC, cukup tambahkan konektor BNC-RCA (BNC male - RCA female). Jalur audio yang berkonektor RCA (tentunya sudah umum, dan tidak memerlukan tambahan konektor lagi). Dan jalur adaptor/power yang sudah berkonektor DC, dikedua ujung kabel ini berbeda konektor DC nya, untuk  konektor DC female dicolokan langsung ke Adaptor, dan konektor DC male dicolokan langsung ke camera, sehingga adaptor tidak perlu berada didekat camera. Selain praktis kabel ini juga sudah cukup bagus dipakai, asalkan digunakan pada jarak yang tidak terlalu jauh. Satu hal yg perlu diperhatikan jika ingin menggunakan kabel cctv 3 jalur adalah, harus menentukan panjang kabel yg akan dipakai terlebih dahulu. Karena kabel ini sudah tersedia dalam beberapa ukuran, tinggal memilih saja dari ukuran panjang yang tersedia 10 sampai dengan 40 meter. Sangat praktis, namun harus mengetahui panjang kabel yang akan digunakan. Jika melebihi anda bisa membeli kabel 3 jalur tanpa konektor dengan begitu anda bisa menyesuaikan dengan jarak yang akan dipakai.
2.       Kabel Coaxial Spectra
Kabel coaxial adalah kabel yang hanya mempunyai  single line atau satu jalur yaitu video. Kabel coaxial ini sangat cocok digunakan untuk jarak jauh. Jenis Kabel Coaxial ini khusus untuk video saja dan untuk kabel powernya dapat menambahkan sendiri, untuk bagian kabel power dapat menggunakan stop kontak atau bisa menarik kabel sendiri dari pusat listrik. Untuk jenis kabel coaxial spectra ini 1 rollnya itu 300 meter, kabel Coaxial Spectra mempunyai 2 tipe RG59 dan RG6 tipe ini adalah untuk pemasangan CCTV, untuk kualitasnya tentu saja berbeda-beda tergantng dari mereknya. Kabel jenis ini baik digunakan untuk jarak yang jauh sekalipun, namun dikarenakan hanya 1 line video saja, maka jika memerlukan audio harus melakukan 2 kali penarikan kabel. Dan jika tidak ingin power adaptor berada didekat camera, maka harus melakukan penarikan kabel power. Terlebih lagi, kabel ini belum berkonektor, sehingga harus memasang konektor nya terlebih dahulu sebelum bisa dipergunakan. Dengan kabel ini anda tidak terlalu perlu mengetahui secara detail panjang jalur kabel, karena kabel Coaxial mempunyai panjang 300 meter per rollnya. Sayangnya anda harus membuat tempat adaptor didekat kamera, jika ingin bersanding dengan DVR anda harus menarik kembali khusus kabel untuk power.
3.      Kabel Coaxial + Power
Kabel Coaxial + Power Spectra hampir sama dengan kabel Coaxial biasa, tentu saja ada perbedaan pada kabel coaxial biasa dan kabel coaxial + power bedanya hanya terletak gandengan kabel yang mempunyai 2 jalur pada bagian power adaptor. Menggunakan kabel ini cukup mudah, karena hanya dengan menarik satu kabel untuk satu kamera. Jenis kabel ini mempunyai Power Cable yang berada secara terpisah dan diluar kabel inti video, namun tetap menempel dan menjadi satu-kesatuan. Kabel jenis ini baik digunakan jika memiliki jarak yang jauh sekalipun, namun dikarenakan hanya 1 line video saja, maka anda menginginkannya menggunakan audio harus melakukan 2 kali penarikan kabel, sangat disayangkan jika melakukan 2 kali penarikan kabel, maka kabel power yg satunya tidak digunaka. Namun dari banyak kasus untuk audio jarang digunakan jika pada perumahan. Dengan ada nya power cable, Adaptor tidak perlu berada didekat camera, cukup menambahkan konektor DC, atau langsung menyambungnya dengan kabel adaptor bawaan dari kamera. Kabel ini belum berkonektor, sehingga harus memasang konektor nya terlebih dahulu sebelum bisa dipergunakan.

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code