Terlaris

Jenis-Jenis Kamera CCTV

Jenis-Jenis Kamera CCTV

Hari ini sayaakan ngebahas masalah kamera CCTV. Bukan hal baru lagi sebenernya sih kamera CCTV ini. Kita kita dan masyarakat luas sudah banyak yang mengetahui betapa pentingnya memasang kamera CCTV di area area strategis. Baik itu di public area, tempat usaha, bahkan di tempat tinggal kita. Karena rekaman CCTV ini bisa menjadi bukti apabila terjadi tindak kejahatan, atau bisa melihat kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, tindak kejahatan atau lain lain. Kamera CCTV ini juga berguna untuk bagian controlling seperti bagian security untuk melihat daerah daerah strategis. Meskipun tidak melepaskan tugas security itu untuk berkeliling melihat keadaan tertentu.

Kamera CCTV yang sering digunakan adalah Dome dan bullet camera. Selain harganya yang lebih bersahabat dan relative terjangkau, kamera CCTV ini memiliki beraneka ragam bentuk yang bagus untuk dipadukan dibeberapa ruangan. Dibawah ini ada berbagai macam bentuk kamera CCTV dan kegunaannya. Yukk kita liat.

1. Kamera CCTV PTZ

Kamera PTZ adalah singkatan dari PAN TILT ZOOM. PAN adalah kemampuan kamera untuk bergerak ke kiri dan ke kanan, jadi kamera ini bisa bergerak kekanan dan kekiri TILT adalah kemampuan kamera untuk bergerak ke atas dan kebawah kamera ini juga bisa bergerak dari bawah keatas, sedangkan ZOOM adalah kemampuan kamera untuk memperbesar gambar hingga beberapa kali lipat.  Karena fungsinya ini kamera jenis ini digunakan untuk memantau atau menyelidiki suatu daerah yang memiliki jangkauan yang luas seperti di Bandara atau area parkir outdoor dan lapangan kamera ini bisa dikendalikan melalui manual dan menggunakan controller.

2. Kamera CCTV Dome

kamera Dome disebut dome karena bentuknya yang seperti kubah, kamera ini di posisikan di dalam ruangan, bentuk design kamera jenis ini bertujuan agar arah dari kamera cctv tidak terlihat tetapi untuk kameranya sendiri terlihat oleh kasat mata. Dome kamera yang paling laku dijual adalah kamera dengan tipe fix yaitu kamera yang hanya mengarah ke 1 sudut ruangan dengan jangkauan fokus dan luas pandang yang macam-macam tergantung dari spesifikasi lensa, namun selain jenis kamera dome yang fix, ada juga kamera dome yang dapat berputar dengan cepat “Speed Dome“, (dome camera yang memiliki kemampuan PTZ) namun harganya relatif mahal apabila dibandingkan dengan tipe kamera dome fix.

3. Kamera CCTV Bullet

Bullet camera ini dari segi lensa tidak jauh berbeda dengan dome, hanya bentuknya saja yang berbeda, biasanya lebih banyak di posisikan di luar ruangan ketimbang di dalam. Jenis kamera ini karena bisa juga di pasang di luar ruangan memiliki kelebihan tahan air. Bullet kamera dipasang di dinding atau langit-langit, kamera jenis ini merupakan kamera tipe fix dengan tujuan menangkap gambar dari area yang tetap terus menerus dan tidak dirancang untuk memiliki pan / tilt / zoom control, meskipun bisa saja dengan menggunakan alat tambahan.

4. Kamera CCTV Box

Kelebihan dari kamera CCTV Box adalah lensanya memiliki kemampuan ZOOM, biasa di posisikan pada pada bidang vertikal, kekurangannnya adalah kamera jenis ini membutuhkan pencahayaan yang cukup agar dapat menangkap gambar dengan jelas atau dapat menggunakan infrared dengan alat tambahan dan akan lebih baik lagi apabila box camera dilengkapi dengan housing kamera apabila di posisikan di luar atau dalam jangkauan tangan. Biasanya kamera ini digunakan untuk melihat plat nomor mobil di parkiran

5. Kamera CCTV Board

Ini sebenarnya bisa dibilang kamera CCTV tanpa Casing, biasanya digunakan untuk kepentingan khusus, seperti dalam pembuatan robot atau drone. Kamera CCTV Broard ini terhubung ke komputer dengan resolusi yang macam-macam, selain itu biasanya board camera digunakan untuk aplikasi teleconference.

6. Kamera CCTV Day and Night

Keunggulan dari kamera tipe day/night adalah dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya baik itu sinar matahari langsung, backlight yang kuat, atau refleksi, kamera jenis ini memiliki dynamic range yang luas, kamera jenis ini biasanya dipasang di lokasi dengan pencahayaan yang berlebihan atau di lokasi yang gelap sama sekali.

7. Kamera CCTV Spy

Kamera CCTV SPY jenis ini di peruntukan untuk dapat berkamuflase dan tidak disadari bahwa itu adalah kamera, Spy Cam ini memiliki banyak jenis dan rupa, bisa berupa pulpen, bross, hiasan dinding dan banyak lagi, bagi anda yang mau coba jadi Spy, harus punya kamera jenis ini, biar tambah gregets.

8. Kamera CCTV IP / Network

IP cam adalah jenis kamera CCTV yang menggunakan jaringan komputer sebagai pengantar data Videonya, rata-rata ip cam mempunyai tingkat resolusi gambar yang lebih tinggi dibandingkan kamera CCTV biasa, namun sebenarnya dalam Instalasi kamera jenis ini memiliki banyak syarat agar hasil yang didapat bisa optimal, mulai dari pemilihan kabel, kualitas jaringan dan kualitas hardware pendukung lainnya seperti HUB dan power supply. Untuk jarak pun, sepanjang pengalaman saya, untuk gambar dan koneksi terbaik hanya didapat dari tarikan kabel di bawah 100m, jika lebih dari itu sudah harus menggunakan HUB tambahan atau Power yang lebih besar.

9. Kamera CCTV Wireless

Kamera CCTV Wireless sudah include wireless di dalamnya, bisa langsung di konfigurasi dan dikonekan ke jaringan Internet via Wifi, setelah itu selesai, video bisa langsung di akses, tapi tidak semua kamera CCTV wireless ini berbasis IP , ada beberapa dari jenis kamera ini bisa juga menggunakan model alternatif lain dalam transmisi data.

10. Kamera CCTV HD (High Definition)

Dalam hal bentuk, kamera ini bisa berupa apa saja baik itu camera indoor maupun outdoor, yang dimaksud HD disini lebih kepada kualitas gambar dari kamera tersebut. Tentu saja kamera dengan spesifikasi HD, kualitas gambarnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

11. Kamera CCTV Varifocal

Kamera cctv yang dilengkapi dengan lensa varifokal dapat di setting secara manual zoom dari area yang dimonitor oleh kamera tersebut tanpa mengubah titik fokus kamera.

12. Kamera CCTV IR (Infrared)

Umumnya kamera CCTV sekarang sudah dilengkapi dengan Infrared, kamera jenis ini disebut juga dengan sebutan kamera night vision, karena mampu melihat dalam kondisi malam hari (minim cahaya) dengan bantuan dari lampu infrared, ada dua jenis dari Infrared yang biasa di gunakan pada kamera CCTV, yaitu IR LED biasa (yang bentuknya kecil-kecil) dan IR LED ARRAY (yang bentuknya besar), saat sensor kamera mendekteksi cahaya dalam jangkauannya minim atau tidak ada samasekali, ia akan menyalakan Infrared dan menghasilkan gambar hitam putih.

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code